4 Perbedaan Sistem Pergudangan Modern dengan Gudang Konvensional

4 Perbedaan Sistem Pergudangan Modern dengan Gudang Konvensional

Bukan hanya e-commerce yang mengalami pertumbuhan dan perkembangan, gudang sebagai tempat penyimpanan barang juga mengalami hal yang sama. Seiring dengan pertumbuhan e-commerce yang bergerak secara signifikan, kebutuhan akan pergudangan pun semakin meningkat. Nyatanya, sistem pergudangan yang lama belum mampu mencukupi kebutuhan saat ini. Dibutuhkan sistem pergudangan modern demi menjawab kebutuhan yang ada.

Apa itu pergudangan modern? Pergudangan modern bisa dikatakan sebagai gudang dengan konsep modern yang tidak hanya menawarkan ruangan untuk menyimpan barang, namun juga menawarkan layanan dengan fasilitas lengkap. Dengan demikian, pengelolaan gudang semakin efektif dan barang yang disimpan di dalamnya bisa lebih bervariasi.

Pergudangan Modern dengan Gudang Konvensional

Sistem pergudangan modern menawarkan berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh gudang konvensional atau gudang tradisional. Mungkin Anda bertanya-tanya, apa perbedaan kedua jenis gudang ini? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini adalah beberapa perbedaan gudang konvensional dengan gudang modern :

1. Struktur bangunan

Perbedaan yang pertama dari segi struktur bangunan. Gudang modern menggunakan struktur bangunan dengan atap yang lebih tinggi dan lebih dingin. Hal ini memungkinkan gudang memiliki ruang yang cukup untuk menambah kapasitas barang yang disimpan.

Sedangkan gudang konvensional menggunakan beberapa area untuk proses yang berbeda-beda. Desainnya disesuaikan agar pergerakan orang dan barang di dalam gudang bisa leluasa.

2. Fasilitas yang ada

Perbedaan yang kedua adalah dari segi fasilitas yang tersedia. Sesuai namanya, gudang konvensional masih menggunakan sistem konvensional dan manual, termasuk dalam hal memasukkan data. Tugas ini dilakukan secara manual oleh para staf yang bertugas. Jadi, kemungkinan human error sangatlah besar.

Berbeda dengan gudang modern yang sudah dilengkapi dengan teknologi terkini. Manajemen inventaris barang dilakukan menggunakan teknologi sehingga bisa dilakukan secara otomatis dan bisa diakses secara real time. Selain itu, gedung juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan para pekerja di gudang.

3. Jumlah staf

Perbedaan yang ketiga dari segi jumlah staf. Gudang konvensional memiliki staf yang lebih banyak karena tugas pengelolaan gudang masih dilakukan secara manual. Sedangkan sistem pergudangan modern yang sudah menggunakan bantuan teknologi memiliki staf yang lebih sedikit.

4. Kegiatan pergudangan

Perbedaan yang keempat dari segi kegiatan pergudangan. Gudang modern menaungi semua kegiatan, mulai dari barang masuk, tahap quality control, hingga pick, pack, and ship kepada konsumen.

Sedangkan gudang konvensional membagi kegiatan ini ke dalam beberapa bagian. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin pertama, gudang konvensional membagi beberapa area gudang sesuai dengan fungsinya masing-masing. Jadi, seluruh kegiatan dilakukan tidak bisa dilakukan dalam satu gudang.

Nah, itulah 4 perbedaan gudang konvensional dengan gudang modern. Seiring waktu, gudang konvensional akan menggunakan sistem pergudangan modern demi bisa bersaing melayani kebutuhan e-commerce saat ini dan di masa yang akan datang.

shares