Pada zaman yang modern ini, orang lebih menyukai jika dimanjakan dengan hiburan yang bersifat visual dibandingkan tulisan karena dianggap lebih efektif dan lebih menarik. Tidak heran jika semakin banyak orang yang bekerja di bidang pembuatan video atau YouTuber. Youtube sendiri merupakan salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan oleh penduduk dunia, khususnya Indonesia. Pekerjaan menjadi seorang YouTuber terlihat sangat mudah, yaitu hanya dengan rekam video, edit, diunggah ke akun YouTube, dan mendapatkan uang dari pihak Youtube. Meskipun terlihat mudah kenyataannya tidak seperti itu. Pekerjaan ini membutuhkan upaya yang sangat besar agar bisa menjadi Youtuber sukses. Berikut di bawah beberapa hal yang harus kamu lakukan jika ingin menjadi Youtuber sukses.

  1. Membuat Akun dan Channel Youtube

Langkah pertama adalah membuat akun Youtube. Proses pembuatan akun Youtube, kamu bisa memakai nama akun sesuai keinginan. Pilih nama akun Youtube yang menarik agar mudah diingat orang. Selanjutnya, mengaktifkan fitur monetization yang merupakan cara mendapatkan uang dari Youtube. Langkah ini harus dilakukan supaya pihak Youtube mengetahui bahwa kamu menginginkan kompensasi dari akun telah kamu buat. Youtube akan memproses akun kamu sesuai dengan kebijakan yang dimiliki. Tidak hanya itu, kamu harus membuat akun Google Adsense. Karena pendapatan yang akan kamu dapat dari Youtube, nantinya akan dilakukan oleh Google Adsense.

  1. Menentukan Tema dan Konsep Menarik

Tidak sekedar membuat konten asal-asalan, salah satu kunci menjadi Youtuber sukses adalah karena membuat konten yang menarik di akun Youtube. Oleh karena itu, kamu harus menentukan konsep serta ide untuk mengisi konten Youtube yang menarik untuk ditonton. Hal penting lainnya dalam menentukan konsep yaitu harus selalu konsisten serta berkarakter. Jadi isi konten Youtube kamu harus selalu konsisten, misal kamu ingin mengisi konten tentang kuliner, usahakan selalu mengisinya dengan konten-konten seputar kuliner. Hanya dengan konsisten, akun Youtube kamu akan mudah dikenal dan meningkatkan jumlah penonton.

  1. Perlengkapan yang Mendukung

Salah satu hal yang harus juga diperhatikan untuk menjadi seorang YouTuber yaitu mempunyai perlengkapan dan peralatan yang mendukung. Hal ini sangatlah penting, karena kamu membutuhkan alat penunjang untuk menghasilkan sebuah video yang memiliki kualitas baik. Tidak hanya peralatan utama seperti ponsel, kamera, dan computer, kamu perlu alat penunjang lainnya yang dibutuhkan sesuai dengan tema YouTube channel. Meskipun banyak Youtuber sukses yang berawal dari menggunakan kamera HP, sebenarnya tidak menjadi masalah jika konten video benar-benar menarik.

  1. Membuat Video

Jika sudah melakukan langkah-langkah sebelumnya, waktunya melakukan proses syuting. Pertama kamu bisa memulai sendiri dan membuat konten vlog. Namun, jika ingin membuat sebuah konten video yang memerlukan bantuan orang banyak, sebaiknya membentuk tim. Jika sudah memiliki konten video, usahakan untuk menentukan jadwal upload. Pastikan kamu sudah memiliki banyak stok video sebelumnya untuk diunggah.

  1. Maksimalkan Jumlah Subscriber

Video yang sudah kamu unggah pasti akan dikomentari oleh para penonton. Jika penonton berkomentar dengan bertanya, lebih baik kamu menjawab komentar tersebut. Jika komentar beisi challenge atau pujian, cukup kamu beri likes. Respon yang diberikan kamu adalah bentuk komunikasi tidak langsung antara YouTuber dengan penonton. Hanya dengan melakukan komunikasi seperti itu, channel YouTube milik kamu bisa lebih disukai dan jumlah subscriber akan bertambah dengan sendirinya.