6 Pilar yang Dukung Terlaksananya Program Smart City Jakarta

jakarta smart city cctv bali tower

Dalam mewujudkan kota Jakarta menjadi kota yang cerdas, maka pemenuhan program smart city Jakarta terus digalakkan. Hanya saja, dalam penerapannya, semua pilar harus terlibat agar jadi makin maksimal kinerjanya. Nah, apa saja pilar yang harus dukung program ini agar bisa terlaksana dengan baik?

  1. Smart Mobility

Smart mobility disebut juga dengan mobilitas cerdas yang mendukung pemanfaatan waktu ke tempat tujuan menjadi lebih efisien. Jadi, bisa dilihat ini dari masalah sisi transportasi. Saat ini, pemerintah kota Jakarta sudah menggalakkan program yang satu ini dengan seringnya memberikan informasi mengenai Transjakarta.

Selain itu, Anda juga bisa memperoleh informasi mengenai head way atau jarak antar bus baik saat jam sibuk maupun tidak. Dengan begitu, manajemen bus juga bisa tepat waktu. Untuk pilar yang satu ini, diharapkan bisa berjalan maksimal pada tahun 2025 mendatang.

  1. Smart Goverment

Penerapan pilar kedua yakni smart goverment bisa Anda lihat dengan dikeluarkannya aplikasi Qlue. Aplikasi ini sendiri adalah aplikasi layaknya media sosial dua arah yang mana penggunanya bisa memberikan pendapat, melaporkan apa yang sedang terjadi dan lainnya secara real time.

Di aplikasi ini juga, masyarakat Jakarta bisa berbagi info dengan orang lain dan bergabung dalam grup serta saling follow dan berbagi info seputar Jakarta. Nantinya, apa saja yang mereka laporkan akan mendapat feedback dari pemerintah dengan aplikasi lanjutannya.

  1. Smart Environment

Pilar selanjutnya adalah smart environment. Pilar yang satu ini bisa Anda lihat penerapannya dalam program Smart PJU atau Penerangan Jalan Umum yang telah mengganti 90.000 lampu PJU menjadi yang kualitasnya lebih baik. Dengan begitu, efisiensi energi dan biaya bisa ditekan menjadi lebih hemat 50% dari yang dipakai sebelumnya.

  1. Smart People

Tentu saja, pilar selanjutnya adlaah smart people. Tanpa orang yang cerdas, apa yang dibuat pun juga tak akan bisa dijalankan. Pilar ini memiliki tujuan untuk membuat masyarakat Jakarta menjadi lebih cerdas dengan penyediaan banyak ifnormasi dan aksebilitas pendidikan yang ditujuan untuk setiap warga Jakarta.

Pilar ini sudah termasuk beasiswa yang didapat masyarakat miskin di Jakarta. Dengan pilar ini, mereka bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negeri atau PTN manapun yang mereka mau asal memenuhi persyaratannya.

  1. Smart Living

Lanjut ke pilar kelima, ada smary living. Pilar yang satu ini memiliki tujuan agar masyarakat Jakarta bisa tinggal di tempat yang nyaman, aman dan tentunya sehat. Penerapannya bisa dengan mudah Anda temukan di sekitar. Misalnya dengan pembuatan taman terbuka hijau, taman bermain anak, taman ramah anak dan masih banyak lagi.

Selain itu, pembentukan petugas kebersihan baik yang berseragam oranye, biru dan beberapa lainnya juga termasuk dalam pilar yang satu ini. Dengan pembentukan semua ini, diharapkan masyarakat Jakarta bisa mencapai lingkungan hidup yang nyaman.

  1. Smart Economy

Terakhir adalah smart economy. Pilar yang satu ini memiliki tujuan untuk terbukanya lapangan pekerjaan sebaik-baiknya baik itu dari UKM ataupun bidang lain. Untuk terlaksana makin maksimal, pilar ini bekerja sama dengan beberapa ecommerce seperti Go Food dan Tokopedia untuk pengembangannya.

Nah, keren sekali, kan? Hanya saja, agar penerapan semua pilar itu lancar, diperlukan jaringan internet yang baik. Namun. Lintarsarta sudah bantu menyediakan semua yang dibutuhkan dalam smart city Jakarta ini. Lintasarta menyediakan jaringan internet yang baik, lancar dan bisa digunakan siapa saja dengan biaya yang juga relatif terjangkau.

shares