Biaya Pendirian CV

Biaya Pendirian CV

Tidak sedikit para pengusaha yang tidak mengetahui tentang syarat-syarat dan juga proses pembuatan CV (badan usaha). Sebenarnya bisa saja meminta jasa pembuatan CV untuk mengurus semuanya dengan biaya yang terbilang ramah di kantong, namun alangkah lebih baiknya bila mengetahui syarat dan juga prosesnya. Setidaknya anda tidak “plongah plongoh”, tidak tahu apa-apa ketika meminta bantuan jasa, anda setidaknya mengerti garis besar tentang pendirian CV karena nantinya CV tersebut akan diurus oleh anda sebagai pemilik dan pihak jasa tidak akan campur tangan lagi setelah CV sudah resmi berdiri.

Diharapkan dengan adanya artikel ini bisa menjawab beberapa pertanyaan dan bisa membantu anda dalam memahami CV (badan usaha)  yang akan anda dirikan, mulai dari syarat, proses hingga biaya yang dibutuhkan apabila berniat menggunakan jasa. Namun sebelum masuk ke topik utama anda harus tahu dahulu apa yang dimaksud dengan CV. CV merupakan singkatan dari Commanditaire Vennootschap yang menjadi salah satu jenis badan usaha selain PT. Yang membedakan keduanya adalah dari segi persyaratan jumlah modal yang harus dimiliki dan juga manajemennya. Bila ingin mendirikan PT, anda harus memiliki modal yang cukup banyak yaitu minimal sebesar 50 juta sedangkan pada CV anda tidak perlu memiliki modal sebanyak itu karena tidak ada batasan minimal yang dipersyaratkan.

Untuk mendirikan sebuah CV tidak sesederhana itu, maka tidak heran banyak pengusaha yang lebih memilih untuk menggunakan jasa dan mengeluarkan uang ekstra. Berikut adalah beberapa syarat dan proses yang harus anda penuhi dan lakukan bila ingin mendirikan CV:

  1. Akta pendirian, syarat ini bisa anda dapatkan hanya melalui notaris. Tentunya untuk memiliki akta pendirian ini anda harus memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu seperti dalam akta pendirian setidaknya ada 2 orang yang menjadi founder atau pendiri CV yang mana salah satu akan menjadi anggota aktif dan satu orang lainnya menjadi anggota pasif. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bila ingin membuat akta pendirian adalah biodata para pendiri CV, nama CV yang akan digunakan, maksud dan juga tujuan pendirian CV, serta syarat-syarat lainnya. Ketika syarat sudah lengkap, maka didaftarkan ke Kepaniteraan Pengadilan Negeri dengan membawa SKDU atau Surat Keterangan Domisili Perusahaan dan juga NPWP perusahaan.
  2. Surat Izin Usaha bisa anda urus saat akta pendirian sudah keluar. Langkah selanjutnya adalah mengurus izin usaha sesuai dengan bidang usaha apa yang anda lakukan nantinya. Saat sudah selesai, dilanjutkan dengan mengurus TDP atau Tanda Daftar Perusahaan yang bisa diurus di PTSP atau Pelayanan Terpadu Satu Pintu.
  3. Surat domisili usaha, untuk mendapatkannya harus mengurusnya melalui pemerintahan daerah yang berada di tempat CV anda berdiri. Misalnya saja anda akan mendirikan CV di Sleman, maka anda harus mengurus surat domisili usaha di kantor pemerintahan daerah Sleman.
  4. NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak, syarat ini wajib dimiliki karena setiap tahunnya anda harus membayar pajak dari keuntungan yang didapatkan oleh CV anda. Anda bisa mengurus syarat ini ke kantor pajak.
  5. SPPKP atau Surat Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak, saat anda mengajukan pembuatan NPWP anda bisa sekaligus mengajukan SPPKP juga.
  6. Mengajukan pendaftaran ke Pengadilan Negeri, hal ini perlu dilakukan untuk memasukkan pengunguman pendirian CV dalam Tambahan Berita Negara Republik Indonesia. Apabila anda sudah menyelesaikan seluruh persyaratan dan juga proses pendirian CV akan tetapi tahap terakhir ini tidak dilakukan maka seluruh proses yang sudah dilakukan tadi tidak akan berguna.

Berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk membuat CV (badan usaha)? Setiap jasa mematok harga yang berbeda-beda tergantung dari daerah, lama pengerjaan, biasanya semakin cepat maka harganya akan semakin mahal dan juga berapa banyak persyaratan yang proses yang harus dikerjakan, apabila anda meminta jasa untuk membuatkan CV dari awal (pihak jasa akan mengerjakan seluruhnya dari awal hingga akhir) dan ketika hanya mengerjakan sebagiannya saja tentu akan memiliki harga yang berbeda. Namun biasanya harga yang ditawarkan tidak akan lebih dari Rp 10 juta.

shares