Cara Mengatasi Pigmentasi Kulit Saat Hamil

Cara Mengatasi Pigmentasi Kulit Saat Hamil

Ketika seorang wanita hamil, maka ia akan mengalami perubahan hormon yang umumnya berdampak pada peningkatan sensitivitas, termasuk pada kulit. Hal inilah yang menjadi sebab kenapa ibu hamil cukup sering mengalami masalah pigmentasi kulit.

Apakah Anda pernah mendengar tentang pigmentasi kulit sebelumnya?

Secara singkat, pigmentasi kulit bisa diartikan sebagai perubahan warna kulit pada ibu hamil yang umumnya cenderung lebih gelap. Tidak hanya itu, pada beberapa kasus juga muncul bercak gelap dan jerawat yang tiba-tiba muncul. Kondisi ini tentu saja sangat mengganggu, terutama untuk ibu hamil yang peduli dengan penampilan mereka.

Tips Untuk Mengatasi Pigmentasi Kulit

Dalam penelitian yang dilakukan, ditemukan hasil bahwa 90% ibu hamil memiliki risiko terkena pigmentasi kulit karena perubahan hormon yang terjadi. Bisa dikatakan bahwa pigmentasi kulit adalah perkara yang umum untuk ibu hamil. Namun, bagaimana cara mengatasinya?

Ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mengatasi masalah ini. Beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan sunscreen

Salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi pigmentasi kulit adalah penggunaan sunscreen. Seperti namanya, produk ini akan melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang mengandung sinar UV secara langsung. Tentu saja dengan penggunaan sunscreen, maka risiko pigmentasi kulit akan cenderung lebih kecil.

Hanya saja, Anda perlu selektif untuk memilih produk sunscreen yang akan digunakan. Selain melihat detail kulit Anda, pastikan jika kandungan produk tersebut aman. Hal ini penting karena produk yang tidak aman bisa mengakibatkan masalah pada janin yang dikandung.

  • Menghindari beraktivitas di luar rumah

Perlu diketahui bahwa paparan sinar matahari yang mengandung sinar UV akan memperburuk pigmentasi kulit yang terjadi. Kulit yang terus menerus terkena sinar UV tersebut akan cenderung terbakar dan berwarna lebih gelap.

Oleh karenanya, sebisa mungkin, hindari beraktivitas di luar rumah terlalu lama, apalagi jika mengenakan pakaian yang cenderung terbuka. Selain berusaha menggunakan pakaian yang bisa menutup kulit dari paparan sinar matahari secara langsung, mengenakan topi juga menjadi ide yang bisa dilakukan untuk meringankan efek pigmentasi kulit.

  • Konsumsi jus tomat

Tomat adalah salah satu buah yang bisa diandalkan untuk mengatasi pigmentasi kulit. Kandungan vitamin A yang cukup banyak –dan juga kandungan baik lainnya, yang ada di dalam tomat bisa membantu pengelupasan kulit dengan lebih maksimal. Tidak hanya itu, konsumsi tomat yang teratur juga akan membantu mengangkat kulit mati dan mencerahkan kulit secara lebih optimal.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan tomat sebagai cara perawatan kulit karena pigmentasi kulit. Anda bisa membuat pasta tomat dan menerapkannya sebagai masker. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi jus tomat untuk mengatasi pigmentasi kulit dari dalam.

Demikian beberapa informasi seputar kehamilan terkait pigmentasi kulit yang sering terjadi. Terapkan beberapa cara di atas dengan optimal agar kulit Anda tetap terjaga selama hamil.

 

 

shares