Cara Menjadi Smart Shopper yang Terbaik

Cara Menjadi Smart Shopper yang Terbaik

Tentunya dalam hal ini, di kehidupan sehari-hari pun berbelanja kebutuhan merupakan salah satu hal terbilang penting dan harus di penuhi. Terutama jika anda sudah memiliki keluarga sendiri, anda pastinya akan dituntut untuk dapat mampu hidup dan menjadi smart shopper saat berbelanja. Namun apa itu smart shopper? Apa artinya dari berbelanja yang pintar?

Dalam hal ini berbelanja pintar sendiri, dapat diartikan sebagai kegiatan berbelanja berbagai barang kebutuhan yang mana di lakukan dengan cara yang efisien. Hal ini juga di lakukan dengan anda bisa mendapat apa yang anda inginkan, tanpa harus mengeluarkan banyak uang dibandingkan dengan yang seharusnya atau kata lainnya berbelanja dengan cara yang hemat. Berikut ini adalah tips untuk menjadi smart shopper.

  1. Membuat Daftar Belanja

Salah satu hal yang terpenting, untuk anda yang ingin berbelanja adalah anda harus mengetahui apa saja yang akan anda beli. Anda juga harus membuat sebuah daftar belanjaan, dimana hal ini akan mengontrol apa saja yang sekiranya penting dan anda butuhkan. Pastikan bahwa tujuan berbelanja tersebut adalah jelas.

Dengan membuat sebuah daftar, dalam hal ini anda akan terhindar untuk membeli barang yang tidak diperlukan. Dengan tidak membuat daftar, di khawatirkan bahwa anda akan lupa untuk membeli barang yang menjadi kebutuhan anda. Usahakan bahwa daftar tersebut, di urutkan menjadi barang yang paling anda butuhkan lalu barang yang anda inginkan.

  1. Membawa budget Sesuai yang Dibutuhkan

Tips lainnya untuk menjadi smart shopper, adalah jangan membawa uang yang terlalu banyak di dompet anda. Anda dapat membawa uang hanya secukupnya saja, bahkan anda dapat memperkirakan pengeluaran yang akan digunakan nantinya. Namun tetaplah membawa uang lebih, hanya untuk berjaga-jaga jika barang atau kebutuhan yang akan anda beli ternyata harganya naik.

Namun perkirakan, tetap jangan membawa uang yang berlebih. Tujuan dalam melakukan hal ini, adalah agar anda tetap dapat fokus untuk membeli apa saja yang akan anda butuhkan nantinya. Bahkan jika nantinya anda mendapatkan sisa uang dari hasil belanja anda, dalam hal ini anda dapat memikirkannya untuk menggunakannya kembali atau memilih untuk menyimpannya. Selain itu dengan membawa uang yang banyak, hanya dapat memancing kejahatan.

  1. Hindari Melakukan Pembayaran Dengan Kartu Kredit atau Debit

Dengan melakukan pembayaran, hindari untuk menggunakan kartu kredit ataupun debit terutama saat berbelanja di online shop. Untuk anda yang ingin menjadi smart shopper, dalam hal ini disarankan untuk melakukan pembayaran menggunakan uang tunai. Karena jika nantinya anda menggunakan kartu kredit ataupun debit, kemungkinan besar anda akan merogoh kocek yang bahkan akan menambah rencana pengeluaran yang akan anda keluarkan.

Namun jika nantinya anda akan mempertimbangkan alasan keamanan, dalam hal ini anda tetap dapat membawa kartu ATM atau menggunakannya. Namun pastikan, bahwa anda menggunakannya dengan saldo yang terbatas agar pengeluaran anda tetap dapat di jaga atau tidak berlebihan.

  1. Membeli Barang hanya yang Ada di Daftar Belanjaan

Setelah sebelumnya membuat daftar belanjaan, dalam hal ini untuk menghindari pembelian barang yang tidak diperlukan maka pastikan bahwa anda tetap disiplin hanya membeli barang yang berada di daftar belanjaan. Mungkin akan terasa aneh, jika nantinya anda tetap membeli barang yang tidak dibutuhkan saat anda sudah memiliki daftar belanjaan yang anda miliki.

Jika memang anda membeli barang yang tidak sesuai dengan rencana anda, maka dalam hal ini bisa di lakukan ketika anda sudah membeli semua barang yang memang penting dan anda butuhkan. Perlu diingat untuk tetap disiplin dalam mengatur perbelanjaan anda, agar menjadi seorang smart shopper. Pastikan bahwa dalam hal ini anda berhasil untuk mengatur dan menahan untuk berbelanja hal yang tidak anda butuhkan.

  1. Langsung Pulang Setelah Berbelanja

Jika anda sudah membeli semua hal yang anda butuhkan, setelah itu pastikan bahwa anggaran yang di keluarkan sesuai dengan jumlah pengeluaran anda. hindari untuk berkeliling untuk membeli sesuatu, anda dapat langsung pulang kerumah untuk menghindari membeli barang yang anda butuhkan. Hindari untuk mencuci mata, karena hal ini hanya akan membuat anda membeli barang yang tidak anda butuhkan.

shares