Cegah Kekurangan Vitamin B Mulai dari Sekarang

Cegah Kekurangan Vitamin B Mulai dari Sekarang

Jenis vitamin B kompleks merupakan sejumlah vitamin yang terdiri dari beberapa zat yang larut di dalam air. Vitamin ini sangat berpengaruh pada kinerja tubuh dan bisa mengakibatkan permasalahan fatal jika tidak dikonsumsi secara sempurna. Setiap jenis vitamin B dikandung oleh berbagai bahan makanan yang berbeda. Ada makanan yang mengandung beberapa jenis vitamin B di dalamnya dan ada pula yang hanya mengandung satu jenis vitamin saja. Pada masa kini merk vitamin b kompleks yang bagus sering dibutuhkan karena sudah banyak orang yang tidak bisa mengkonsumsi beberapa jenis makanan sumber vitamin karena berbagai jenis alasan.

Fungsi vitamin B1 adalah untuk mengubah konsumsi glukosa menjadi energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa bagian dari vitamin ini akan digunakan untuk melancarkan sistem saraf. Kekurangan vitamin ini bisa dilihat dari beberapa gejala  seperti kelelahan, kebingungan, lesu dan mudah marah. Orang yang mengalami permasalahan ini dapat secara langsung mengkonsumsi vitamin B1 dari beras merah, kuning telur, hati, otak, gandum, wortel dan kacang hijau. Sumber ini dipilih karena sudah mudah didapatkan di Indonesia dan beberapa pilihan diantaranya tergolong murah. Beberapa pilihan seperti beras merah dan gandum mungkin tidak akan memberikan hasil instan. Kuning telur, kacang hijau dan otak adalah pilihan terbaik untuk meredakan gejala dengan cepat.

B2 adalah vitamin yang memberikan keuntungan pada metabolisme serta memberikan efek awet muda karena mempengaruhi kesehatan kulit dan mata. Kekurangan vitamin ini tidak akan dirasakan secara langsung tapi banyak orang yang mengatakan bahwa gangguan pencernaan bisa diredakan dengan mengkonsumsi banyak bahan makanan yang mengandung vitamin B2. Jenis bahan makanan tersebut adalah sayuran, susu dan olahan susu. Semua jenis sayuran yang mengandung vitamin B2 tidak selalu berwarna hijau. Tomat dan wortel misalnya juga memiliki kandungan vitamin B2 yang memadai untuk konsumsi sehari-hari. Anda hanya perlu memilih sayuran yang dapat anda terima dan memakannya beberapa kali seminggu untuk menjaga kadar vitamin B2 pada tubuh.

Vitamin B5 memiliki pengaruh dalam membentuk sel darah merah dan mendukung metabolisme tubuh. Vitamin ini dapat ditemukan dalam berbagai jenis sayuran seperti kol dan tomat. Kekurangan vitamin ini biasanya akan mengakibatkan tubuh lemas dan berbagai gejala kekurangan darah lainnya. Memilih untuk mengkonsumsi sayuran hijau dan beberapa makanan penambah darah dapat mendukung pengisian kadar vitamin ini di dalam tubuh. Selain itu sayur bayam, ragi, dan kedelai sangat cocok untuk menghasilkan kadar vitamin yang tinggi dan membuat tubuh menjadi lebih kuat. Keuntungan dari persiapan vitamin B5 yang memadai akan menghasilkan tubuh yang bugar dan tidak mudah diserang oleh berbagai macam penyakit.

Vitamin B6 memiliki pengaruh pada kinerja otak, membantu metabolisme dan membentuk sel darah merah. Vitamin ini adalah pendukung untuk vitamin B1 dan B5. Walaupun bersifat sebagai pendukung vitamin ini tetap memiliki peranan yang penting karena tubuh harus menjaga nutrisi dalam jumlah yang seimbang sehingga kinerja tubuh menjadi jauh lebih baik. Makanan yang mengandung vitamin ini adalah ikan, daging dan berbagai jenis biji-bijian. Ini artinya kacang hijau dan kacang merah memiliki kadar vitamin yang cukup untuk menjaga kestabilan tubuh. Tidak ada gejala langsung yang disebabkan karena kekurangan vitamin ini karena kebutuhan vitamin bisa dilengkapi dengan sayuran atau bahan lain yang memiliki kandungan B1 yang tinggi.

Vitamin B12 adalah jenis vitamin yang sering mendatangkan masalah. Bagi orang yang kekurangan vitamin ini keadaan bisa sangat buruk karena berhubungan dengan gejala penyakit saraf. Hal ini terjadi karena vitamin ini membantu melindungi saraf dengan membentuk sel myelin. Sel ini akan melindungi saraf dari gangguan racun yang merusak saraf. Pembentukan sel darah merah akan didukung oleh vitamin ini. Selain itu mengubah lemak dan asam amino menjadi energi merupakan salah satu kualitas vitamin yang paling unggul dan dicari. Vitamin bisa didapatkan dengan memakan ikan, hati, dan susu. Makanan bisa diganti dengan asupan multivitamin yang menyediakan jenis vitamin B kompleks.

shares