Museum menjadi salah satu wisata favorit yang masih banyak dilakukan hingga saat ini. Bukan hanya membantu mengenali berbagai sejarah yang ada. Namun terkadang wisata museum juga menjadi salah satu cara untuk belajar mengenai berbagai informasi, yang mungkin terkadang kita malas mendapatkannya dari buku.

Jika kamu sedang datang ke kota Yogyakarta. Ada beberapa museum menarik yang wajib dikunjungi. Karena memiliki penampilan yang unik disertai dengan koleksi atau karya yang berbeda-beda. Apa saja museum sebagai tempat wisata di jogja? Berikut ini informasinya.

1.     Museum Gunung Merapi

Kota Yogyakarta identik sebagai kota pelajar, namun di sisi lain kita juga tidak bisa lupa bahwa kota ini memiliki sebuah gunung merapi yang cukup membahayakan. Bahkan pernah menimbulkan bencana alam beberapa kali. Nyatanya kejadian ini dijadikan sebagai museum dan disebut sebagai museum gunung merapi. Apabila ingin memperdalam dan mencari tahu lebih banyak tentang gunung merapi, kamu bisa datang ke sini dan juga menikmati serta memahami berbagai foto, informasi dan juga visual gunung merapi.

Selain itu, disediakan film pendek berjudul Mahaguru Merapi yang diwujudkan dalam teater mini. Selain itu kamu juga bisa melihat berbagai hal menarik. Seperti salah satunya batu boma tahu, atau volcanic boma batu ini sepintas seperti batu pada umumnya. Namun ternyata batu ini terbentuk dari lava pijar bersuhu 700 hingga 1200 celcius.

2.     Museum Bahari

Museum kedua yang wajib dikunjungi ketika datang ke kota Yogyakarta adalah Museum Bahari. Sesuai dengan namanya, tempat ini memiliki wawasan dan pengetahuan mengenai kemaritiman ataupun kelautan yang ada di indonesia. Tidak ada salahnya jika kamu tertarik untuk mempelajari dunia kelautan kamu mengunjungi museum yang satu ini di dalam museum ini, karena terdapat banyak koleksi.

Mulai dari senjata, meriam, bom laut, hingga adanya teropong ataupun radio komunikasi yang biasa digunakan oleh angkatan laut. Ditambah lagi ketika kamu datang ke dalam sini. Kamu layaknya berada di sebuah kapal dan cocok sekali untuk menjadi spot ataupun tempat yang instagramable. Apabila tertarik kamu bisa mengunjungi Museum Bahari. Di Jalan R.E Martadinata Nomor 69 Kecamatan Wirobrajan Kabupaten Bantul.

3.     History of Java

Kamu sudah mempelajari mengenai budaya dan juga berbagai informasi mengenai suku jawa ataupun daerah jawa. Maka kamu harus mengunjungi Museum History Of Java. Sesuai dengan namanya berbagai koleksi yang disuguhkan di museum ini, mengenai terbentuknya banyak kebudayaan, serta barang-barang yang menjadi ciri khas dari masyarakat yang berada di pulau jawa.

Selain itu museum ini memiliki spot foto yang ternyata instagram-able, disertai dengan fasilitas canggih yang bisa menunjang para pengunjungnya untuk mendapatkan informasi lebih maksimal. Kamu juga bisa merasakan berbagai keseruan yang ada di dalam film museum ini. Karena History Of Java telah melengkapi teknologi dengan augmented reality. Sehingga menggabungkan antara benda maya dua dimensi dan tiga dimensi, dengan lingkungan nyata. Museum ini juga menyediakan tempat tempat untuk beristirahat sekaligus untuk membaca dan juga mempelajari berbagai informasi di sana. Museum History of Java terletak di Jalan Parangtritis Km 5, Tarudan Bangunharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul.

4.     Museum Keraton

Tidak lengkap rasanya jika datang ke kota Yogyakarta tanpa melihat museum kereta keraton. Seperti yang diketahui, kota Yogyakarta memang masih dipimpin oleh seorang Sultan. Dimana Kerajaan Yogyakarta termasuk ke dalam salah pihak yang membantu mengelola pemerintahan indonesia.

Tempat yang satu ini bisa dijadikan sebagai wisata edukasi bersama dengan keluarga, terutama anak-anak. Kamu bisa melihat berbagai macam kereta kuda dari abad lampau yang terawat baik. Selain itu ada beberapa barang antic yang dipajang disini. Pada momen tertentu seperti satu suro, kereta tertua ini nantinya akan dimandikan bersama dengan barang pusaka lainnya. Agak sedikit seram namun wajib dikunjungi terutama jika kamu senang dengan berbagai koleksi dan barang antik.

5.     Museum Affandi

Siapa yang tidak tahu, Maestro lukis bernama Affandi? Tentu saja menjadi salah satu sosok yang tidak bisa dilupakan oleh banyak masyarakat indonesia. Karena cukup jarang negeri kita memiliki seniman yang sangat handal, hingga terkenal di mancanegara.sesuai dengan namanya, museum selanjutnya yang bisa kamu kunjungi adalah Museum Affandi.

Dengan berbagai karya ataupun koleksi yang telah ia miliki. Tempat wisata yang satu ini memajang karya lukisan Affandi semasa hidupnya. Bukan hanya bisa menikmati lukisan dan juga mempelajarinya. Kamu bahkan dapat berfoto, karena banyak sekali sudut yang instagramable yang dapat dinikmati. Destinasi wisata yang nyaman museum ini juga sejuk, dan cocok sekali dikunjungi bagi kamu yang ingin jalan-jalan serta menikmati waktu bersama keluarga ataupun teman-teman.

6.     Museum Monjali

Selanjutnya museum yang wajib dikunjungi adalah Monumen Jogja Kembali biasanya museum ini terkenal dengan nama Monjali. Museum ini menyimpan bagaimana informasi sejarah perjuangan pada masa kemerdekaan,  terutama pahlawan ataupun masyarakat yang berjuang untuk bisa merebut kembali pemerintahan indonesia.

Selain itu museum ini juga memiliki koleksi lengkap, tempat wisata sejarah dan juga budaya dalam bentuk yang unik dengan bentuknya kerucut. Menjadikan bangunan ini seperti salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi. Ada banyak informasi dan juga pengetahuan mengenai sejarah kemerdekaan Jogja. Museum Monjali terletak Di Jalan Ringroad Utara Jongkang Sariharjo Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Kamu bisa datang ke tempat ini mulai pukul 8 pagi hingga pukul 3 sore.