Panduan dan Cara Memberi Makan Bayi Pertama Kali

Panduan dan Cara Memberi Makan Bayi Pertama Kali

Ketika bayi berusia 6 bulan, maka ibu bisa memberikan makanan pendamping ASI. Pemberian MPASI ini memang dianjurkan untuk memaksimalkan pemberian nutrisi sehingga bayi bisa tumbuh dengan lebih baik. Hanya saja, ada cara memberi makan bayi pertama kali yang harus dipahami sebelumnya.

Ya, pemberian MPASI pertama kali tidak boleh dilakukan secara asal. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelumnya guna menunjang kecocokan MPASI dengan kebutuhan bayi. Selain itu, belum bekerjanya secara optimal sistem pencernaan bayi juga menjadi hal yang harus diperhatikan.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai panduan pemberian MPASI. Bagaimana seharusnya? Simak beberapa ulasan di bawah ini.

Strategi dan Panduan Pemberian MPASI

Sebagaimana disinggung di awal, ada beberapa panduan yang harus diperhatikan saat pemberian MPASI pertama kali. Menurut anjuran dokter, ada beberapa hal terkait cara memberi makan bayi pertama kali yang harus menjadi catatan, seperti:

  • Kesiapan bayi

Salah satu hal yang harus diperhatikan untuk pemberian MPASI adalah kesiapan dari bayi tersebut. Ini menjadi hal yang sangat penting agar nantinya manfaat MPASI bisa didapatkan dengan baik.

Nah, sebagaimana dikatakan di awal, pemberian MPASI adalah ketika usia bayi sekitar 6 bulan. Ada beberapa tanda yang menjadi dasar kesiapan bayi sebelum pemberian MPASI, seperti:

  • Sudah bisa memasukkan mainan atau tangan ke mulut
  • Sudah bisa duduk dan menahan kepala dalam posisi tegak
  • Bisa meraih makanan dan memasukkan ke mulut
  • Adanya ketertarikan ketika melihat orang lain makan
  • Jenis makanan yang diberikan

Hal lain yang harus diperhatikan saat pemberian MPASI adalah jenis makanan yang diberikan. Ini menjadi poin yang sangat penting di mana nantinya akan berdampak pada gizi dan nutrisi yang akan diperoleh.

Perlu diketahui, MPASI yang diberikan harus memiliki kandungan gizi yang tepat dan dibutuhkan bayi, seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, serat dan lainnya. Selain itu, secara bertahap, pemberian MPASI bisa dilakukan dengan menu yang berbeda mulai dari yang lembut hingga tekstur yang lebih padat.

  • Frekuensi dan porsi MPASI

Selain jenis MPASI yang akan diberikan, frekuensi dan porsi MPASI juga harus diperhatikan dengan baik. Detail ini sangat penting agar nantinya kebutuhan nutrisi bisa didapatkan dengan maksimal.

Nah, dalam hal ini, frekuensi pemberian MPASI setidaknya 2 hingga 3 kali sehari dengan 1 kali makanan selingan. Selain itu, pemberian MPASI tidak boleh terlalu banyak. Di awal pemberiannya, berikan sekitar 2 hingga 3 sendok saja MPASI untuk memberikan kesempatan sistem pencernaan bekerja.

Nah, beberapa hal di atas adalah panduan dan cara memberi makan bayi pertama kali yang perlu dilakukan. Tentu, Anda bisa browsing untuk menemukan beragam jenis menu yang tepat untuk diberikan kepada bayi Anda.

Deskripsi: cara memberi makan bayi pertama kali harus diperhatikan agar bayi Anda tidak kaget. Selain itu, pilih makanan yang tepat dengan kandungan gizi lengkap.

shares