Sebelum Bisnis Sewa Apartemen, Baca Tips Berikut Ini Agar Untung Berlipat

Bisnis Sewa Apartemen

Bagi masyarakat perkotaan, tinggal di sebuah apartemen menjadi pilihan terbaik. Karena lokasinya strategis dan didukung dengan fasilitas yang lengkap, hal itu yang membuat tinggal di hunian vertikal menjadi pilihan yang logis. Keadaan tersebut yang akhirnya dijadikan peluang usaha yang menjanjikan bagi para investor property.

Mereka sengaja membeli unit apartemen untuk meraup keuntungan dengan cara disewakan. Dalam usaha ini, rata-rata targetnya yaitu para ekspatriat ataupun professional muda. Meskipun dilihat mudah dalam menjalankan usaha ini, namun sebenarnya banyak hal yang harus diperhatikan dan membutuhkan strategi khusus agar apartemen laku untuk disewakan.

Beberapa Tips Menarik Untuk Menjalankan Bisnis Sewa Apartemen

  • Pilih Lokasi Strategis

Semakin strategis lokasi apartemen yang Anda beli, maka semakin tinggi juga harga sewa apartemen yang dapat Anda tawarkan. Lokasi merupakan salah satu faktor penting yang sangat mendukung dalam bisnis sewa apartemen.

Selain itu, faktor fasilitas dan pembangunan daerah juga merupakan hal yang mendukung. Dari gabungan faktor-faktor tersebut, maka dapat memberikan nilai jual yang penting semua pantas untuk dipertimbangkan oleh penyewa.

  • Melakukan Upgrading dan Renovasi

Bagi calon penyewa, biasanya akan mempertimbangkan semua pilihan sebelum mengambil keputusan untuk menyewa apartemen tersebut. Untuk memenangkan kompetisi, maka lakukan upgrade dan renovasi apartemen Anda agar terlihat lebih menarik.

Jika luasan unit apartemen yang Anda miliki tidak terlalu luas, maka Anda dapat menyiasati dengan memanfaatkan jenis furniture yang lebih fungsional. Selain itu, aplikasikan cat dengan cat warna putih agar ruangan terlihat lebih luas.

Cari media yang tepat untuk mengiklankan sewa apartemen bulanan Anda. Salah satu media yang banyak mengiklankan property yaitu portal property. Belakangan ini, media tersebut banyak menawarkan kecepatan dan kepraktisan ketika mencari sebuah property

Ketika Anda membuat iklan di portal properti, sebaiknya menggunakan kata-kata yang menarik dan informatif. Sertakan juga gambar apartemen yang akan Anda sewakan. Dengan begitu, orang akan lebih memperhatikan iklan yang Anda buat.

  • Menggunakan Agen Properti

Jika Anda seorang pemilik properti, maka akan sangat melelahkan apabila semuanya dikelola sendiri. Ada baiknya untuk menggunakan jasa agen properti. Meskipun ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan.

Namun dapat meringankan pekerjaan Anda. Kenapa tidak? Perhatikan kredibilitas agen properti terlebih dahulu sebelum  Anda menggunakan jasanya. Agen properti tersebut harus memiliki reputasi yang baik, terpercaya dan mampu diandalkan.

  • Mencari Tahu Harga Sewa di Pasaran

Cara bisnis apartemen agar cepat laku yaitu dengan mencari tahu harga sewa yang ada di pasaran. Karena sebelum konsumen memutuskan untuk menyewa apartemen, mereka akan membandingkan harga sewa terlebih dahulu dengan apartemen yang lainnya. Sehingga perlu mencari tahu harga sewa apartemen di lokasi sekitar apartemen milik Anda.

Untuk memberikan harga sewa yang akan ditawarkan, Anda harus memasukkan biaya perbaikan dan perawatan properti selama waktu penyewaan. Jangan menawarkan harga terlalu tinggi, karena konsumen enggan untuk menyewanya. Namun juga tidak menawarkan harga terlalu rendah, karena dikira apartemen yang ditawarkan abal-abal.

  • Menyeleksi Calon Penyewa Apartemen

Bisnis apartemen memang cukup menggiurkan, namun sebagai pemilik maka Anda harus menyeleksi calon penyewanya. Jangan asal menerima penyewa, karena hal itu dapat berakibat fatal untuk bisnis Anda kedepannya.

Hal utama yang harus diperhatikan, penyewa harus memiliki kartu identitas yang jelas dan masih berlaku. Alamatnya jelas, tujuan menyewa apartemen dan orang tersebut memiliki attitude yang baik. Sehingga saat proses penyewaan, maka Anda dapat melakukan komunikasi dengan baik.

  • Membuat Kontrak Perjanjian Sewa

Pada saat membuat perjanjian sewa menyewa, maka harus ada bukti tertulis hitam di atas putih. Bukti tersebut yang dapat digunakan sebagai pengikat kuat antara Anda dan penyewa, sehingga jika terjadi suatu masalah ke depannya maka Anda memiliki bukti yang jelas untuk dilaporkan ke jalur hukum.

Dengan pembuatan kontrak tersebut yaitu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penyewa kabur, tidak membayar sewa bulanan dan lain sebagainya.

  • Jangka Waktu Disewakan

Bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis sewa apartemen, maka Anda harus memperhatikan untuk jangka waktunya. Sebaiknya tidak menyewakan apartemen dalam jangka waktu yang terlalu lama, karena hal itu tidak bagus untuk perkembangan bisnis Anda kedepannya.

Jangka waktu Anda menyewakan apartemen maksimal 5 tahun untuk satu penyewa. Kemudian di tahun berikutnya Anda bisa mencari penyewa baru, hal itu untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan. Selain itu, anda juga dapat menaikkan harga sewa kepada penyewa baru.

Anda juga bisa membuat strategi bisnis, misalnya untuk menyewa apartemen dalam waktu jangka pendek harganya lebih mahal dibandingkan dengan harga sewa untuk beberapa tahun sekaligus.

Dari beberapa ulasan di atas, tentunya Anda sudah mengetahui keuntungan bisnis sewa apartemen bulanan sangat menggiurkan. Dengan beberapa tips yang diberikan untuk menjalankan bisnis sewa apartemen. Tentunya Anda menjadi lebih yakin dan kesuksesan akan menghampiri Anda dengan mengambil peluang tersebut.

shares