Sejarah dan resep nasi kuning

Sejarah dan resep nasi kuning

Siapa sih yang tidak tahu dengan nasi kuning? makanan khas dari Indonesia, nasi kuning merupakan makanan yang pastinya sudah sangat umum di dengar oleh masyarakat Indonesia. nasi kuning ini merupakan makanan sederhana yang dimasak menggunakan rempah berupa kunyit. Nasi kuning ini sangat disukai oleh banyak orang Indonesia, biasanya masyarakat Indonesia memakan nasi kuning untuk sarapan saat pagi hari, tidak hanya itu saja nasi kuning juga sering dijadikan sebagai hidangan saat sedang adanya perayaan khusus ataupun syukuran. Nais kuning banyak disukai oleh banyak orang karena nasi kuning ini memiliki rasa unik yang sangat enak, gurih dan pastinya membuat banyak orang menjadi ketagihan. Nasi kuning memang merupakan makanan yang sangat umum dan banyak orang sudah mengetahui hidangan yang satu ini, tapi disini saya yakin tidak banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui sejarah dari nasi kuning sendiri. Makanan tradisional ini ternyata memiliki sejarah yang cukup menarik, dimana warna kuning pada nasi kuning ini melambangkan emas yang memiliki makna akan kekayaan. Nasi kuning juga sering dijadikan sebagai tumpeng yang membentuk gunung segitiga, dengan kata lain tumpeng yang terbuat dari nasi kuning ini melambangkan gunung emas yang memiliki makna berupa kehidupan dan juga moral yang luhur. Jadi maksud dari adanya nasi tumpeng nasi kuning dalam beberapa perayaan di Indonesia ini diharapkan akan membawa berkah, kekayaan yang melimpah dan dengan adanya tumpeng nasi kuning diharapkan membawa kemakmuran dalam hidup.

Berbeda dalam tradisi di bali, makna nasi kuning ini juga berbeda, warna kuning pada nasi kuning ini menggambarkan warna yang keramat dan menjadi suatu kepercayaan ataupun keyakinan. Bisa kita lihat dalam upacara adat bali akan banyak orang menggunakan pakaian adat yang memiliki warna dominan kuning. dalam upacara kuningan di bali-pun nasi kuning sering menjadi sajian saat upacara adat berlangsung. Pada zaman dulu orang jawa tidak sembarangan saat menyajikan dan membuat nasi kuning, pembuatan nasi kuning ini memiliki banyak pertimbangan saat membuatnya, nasi kuning tidak hanya memiliki makna yang baik saja tetapi juga ada doa untuk orang-orang yang menikmati dan juga merayakan momen saat adat tersebut berlangsung.

Meskipun nasi kuning memiliki makna dan juga arti tertentu di setiap daerah, tapi untuk menemukan nasi kuning sekarang ini tidak susah. Nasi kuning juga sekarang tidak hanya di santap saat ada acara-acara tertentu saja, sekarang nasi kuning sudah banyak dijual. Untuk kalian yang ingin menyantap nasi kuning yang sehat dan enak kalian juga bisa kok membuatnya sendiri dirumah dengan mudah.

Resep nasi kuning

Bahan yang diperlukan:

  • Beras 3 cup
  • Kunyit 10 cm
  • Daun pandan 3 lembar
  • Daun serai 4 batang
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Lengkuas 1 ruas ibu jari
  • Jahe 1 ruas
  • Daun salam 5 lembar
  • Santan 200ml
  • Bawnag merah 5 siung
  • Bawang putih 4 siung
  • Garam secukupnya

Memasak nasi kuning sendiri dirumah bisa dilakukan dengan mudah dengan menggunakan rice cooker, caranya sama saja seperti memasak nasi pada umumnya dengan menggunakan rice cooker. Hanya saja kalian perlu memasukan rempah-rempah yang sudah di siapkan saat memasak nasi kuning. sangat mudah bukan? dengan resep diatas, saya yakin kalian akan membuat nasi kuning yang enak, gurih dan pastinya keluarga kalian dirumah akan suka!

shares