Sejarah Rajawali Citra Televisi Indonesa (RCTI)

Sejarah Rajawali Citra Televisi Indonesa (RCTI)

Tanggal 24 agustus pad atahun 1989 adalah salah satu sejarah terpenting dalam pertelevisian indonesia, pada hari tersebut RCTI diresmikan oleh presiden Suharto sehingga masyarakat dapat menyaksikan chanel TV swasta pertama di indonesia. pada awanya RCTI mulai beroprasi secara terrestrial di kota Jakarta, dan tidak semua orang dapat menonton acara yang disuguhkan RCTI. Hanya orang yang memiliki decoder dan membayar uang iuran bulanan saja yang bisa menonton chanel RCTI. RCTI (Rajawali Citra Televisi Indonesia) dari dahulu sampai sekarang selalu memberikan tayangan dan program-program yang dikemas sangat menarik, dimulai dari acara hiburan, berita dan juga informasi. Sampai sekarang ini RCTI tumbuh dengan sangat cepat dan menjadi salah satu agen perubahan dan juga pembaharu dalam dinamika sosial untuk masyarakat di negara Indonesia.

 

Awal mulanya RCTI ini merupakan perusahaan yang merupakann perusahaan patungan, dimana saham kepemilikannya saat itu dimiliki oleh citra sebanyak 69,82% dan rajawali wirabhakti utama sebesar 30,18%. Seperti disebutkan pada sebelumnya, tidak semua masyarakat Indonesia bisa menonton chanel RCTI, hanya orang-orang yang memiliki decoder dan membayar uang iuran bulanan saja yang bisa menonton chanel RCTI. Namun pada akhirnya di tahun 1989 akhir, RCTI melepas dekodernya dan pemerintah Indonesia saat itu akhirnya memperbolehkan RCTI untuk melakukan siaran secara nasional di tahun 1990 tetapi masyarakat baru bisa menonton RCTI secara nasional yaitu pada tanggal 1 mei di tahun 1991.

 

Pada tahun 2003 tepatnya dibulan oktober, kepemilikan RCTI berpindah tangan, RCTI sekarang menjadi miliki MNC Group (Media Nusantara Citra) yang merupakan perusahaan konglomerat di Indonesia. sampai saat ini RCTI ini merupakan chanel TV swasta yang sudah memiliki jangkauan terluas di Indonesia, dimana RCTI ini memiliki 54 stasiun relaynya, dan dari 54 stasiun relay ini bisa diperkirakan bahwa program-program yang disiarkan olleh RCTI ini disaksikan lebih dari 191 juta pemirsa di Indonesia atau kira-kira sekitar 80,7% masyarakat Indonesia menonton acara-acara di RCTI. Sejak awal cita-cita dari Rajawali Citra Televisi Indonesia ini yaitu menciptakan serangkaian acara dan program-program acara unggulan dalam satu stasiun TV sehingga masyarakat akan selalu terhibur dan teredukasi. Karna visi dari RCTI sendiri yaitu “Media Utama Hiburan dan Informasi” dimana maksudnya disini RCTI selalu menyajikan program dan juga acara yang menarik dan bermutu untuk masyarakat, sehingga RCTI menjadi salah satu chanel/saluran TV terbaik untuk mendapatkan hiburan dan informasi masyarakat Indonesia. RCTI selalu berpikir untuk menjalankan bisnis dan tanggung jawab sosial agar bisa berjalan beriringan.

 

Bukan hanya program dan acaranya saja yang bagus, RCTI yang berada dibawah naungan MNC group ini juga selalu memberikan terobosan luar biasa. salah satunya terobosan kekinian dimana sekarnag ini kita tidak perlu lagi menonton di depan TV untuk menyaksikan acara favorit kita di RCTI, kita sekarang ini bisa melakukan streaming RCTI baik di youtube dan metube dan sekarang ini RCTI sudah memiliki aplikasi RCTIplus dimana aplikasi ini merupakan platform streaming yang bisa membantu kita semakin mudah untuk menyaksikan acara RCTI favorite kita, pada aplikasi ini juga kita bisa menonton live tv  dimana kita bisa menyaksikan acara-acara yang sedang tayang di RCTI dimanapun dan kapanpun. Dengan terobosan ini, RCTI menunjukan bahwa mereka akan selau mengikuti zaman yang membuat masyarakat Indonesia semakin mudah untuk selau menyaksikan acara dan juga program mereka.

shares