Seperti Inilah Ciri Ciri Toko Online Penipu dan Cara Menghindarinya Yang Harus Kalian Ketahui

Seperti Inilah Ciri Ciri Toko Online Penipu dan Cara Menghindarinya Yang Harus Kalian Ketahui

Bisa dipastikan bahwa sebagian besar masyarakat diseluruh dunia tidak bisa lepas dari peranan teknologi gadget dan internet. Ya, terang saja demikian, sebab saat ini kita sedang hidup di era milenial, dimana kebanyakan orang akan mengandalkan kecanggihan teknologi gadget dan internet untuk mempermudah berbagai aktifitasnya. Jual beli pun menjadi salah satu bukti aktifitas yang dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi gadget dan internet. Melalui kecanggihannya, kita pun bisa melakukan transaksi jual beli secara online melalui situs-situs e-commerce yang ada di mesin pencarian Google.

Tingginya minat masyarakat Indonesia dalam bertransaksi jual beli online, tentu saja tidak terlepas dari beberapa keuntungannya. Lantas, seperti apakah keuntungan yang akan kita dapat dari transaksi jual beli online? Keuntungan yang pertama, yakni lebih mudah dan praktis sehingga membuat waktu menjadi efisien. Bagaimana tidak! sebab belanja online ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, yang tidak akan terbatas oleh waktu. Bukan hanya itu saja, harga produk yang ada di toko online ini relative lebih murah daripada produk yang ada di retail offline. Bahkan yang lebih menariknya lagi, di toko online juga kerap memberikan diskon pada setiap bulannya.

Akan tetapi, tidak semua toko-toko online yang menjual sunblock itu dapat kita percaya. Pasalnya, tak sedikit situs-situs toko online palsu yang tentu saja dengan tujuan akan menipu pada setiap konsumen yang mengunjunginya. Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini akan mengulas seputar ciri ciri toko online penipu dan cara menghindarinya. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Ciri-ciri Situs Toko Online Penipu

  1. Selalu Mengirimkan Promosi Melalui SMS

Ciri-ciri pertama yang harus kalian ketahui dari situs toko online penipu, yakni selalu mengirimkan promosi melalui SMS. Ya, kegiatan yang satu ini memang merupakan hal umum yang dilakukan oleh kawanan penipu, dimana mereka secara acak akan mengirimkan SMS yang berisi tawaran produk-produk yang harganya super murah. Terlebih jika bukan produk ponsel, kamera, laptop, dan barang elektronik lainnya.

Menurut informasi yang di dapat, biasanya para penipu tersebut akan mengirimkan sebanyak 1000 sms secara acak. Dari 1000 sms tersebut, setidaknya ada sekitar 100 orang yang tertipu lho. Bahkan, para penipu ini tidak akan segan untuk mencantumkan alamat website yang sudah jelas penipuan. Terlebih pada alamat web yang mengggunakan akhiran.

  1. Nomor Pengirim Tidak Akan Sama Dengan Nomor Yang Ada di SMS

Dalam etika bisnis, mengirimkan sms yang berisi tawaran produk tanpa persetujuan orang merupakan tindakan termasuk spamming. Ya, terlebih jika penawaran tersebut adalah penipuan! Tentu saja tidak ada pihak yang akan menaruh respek pada penjual online yang semacam itu, apalagi jika sampat tertipu dengan mentransfer uang. Mengenai cara menghindarinya, mungkin akan lebih baik kamu tidak menanggapi sms tersebut. Biasanya, pada program tersebut ada pengirim sms massal yang dimanfaatkan (sms gateway server). Apabila kamu membalas smsnya, maka tidak memungkinkan seandainya kamu hendak komplen pada nomor yang tercantum dalam sms, sehingga si pemilik nomor dapat menghindar bahwa ia bukanlah yang mengirimkan sms tersebut.

  1. Barang-barang Yang Harganya Jauh Lebih Murah

Ini dia salah satu ciri-ciri yang paling mencolok dari penipuan di toko online, dimana mereka akan menwarkan produk dengan harga yang jauh lebih murah di pasaran. Ya, misalkan saja harga kamera DSLR di pasaran itu sekitar Rp 3,5 jutaan, namun para penipu tersebut menawarkannya dengan harga Rp 1,5 juta, atau misalkan saja harga jam tangan Casio yang tadinya seharga Rp 2 jutaan, namun si penipu menawarkan dengan harga Rp 500 ribu saja. Tentunya harga tersebut sangat murah dengan harga yang ada di pasaran, namun itulah strategi mereka untuk menipu kamu lho. Apabila mendapat penawaran yang seperti demikian, sebaiknya kamu abaikan saja.

  1. Sering Menggunakan Blog, Forum, Facebook, dan Iklan Gratisan

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa para penipu itu pastinya tidak memiliki modal uang. Itu sebabnya, mengapa mereka akan mencari media yang gratisan berupa email, iklan, sosmed, forum, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, apabila website mereka gratis tanpa ada domain milik sendiri maka sudah dijamin adalah penipuan. Logikanya, masa iya sih sebuah perusahaan tidak mampu membayar domain yang harganya cuma Rp100 ribu per bulan?

  1. Tidak Akan Melayani Sistem COD (Cash On Delivery)

Inilah alasan klasik dari para penipu online, dimana mereka tidak akan pernah dan tidak mau melayani konsumen melalui system COD alias cash on delivery. Ya, terang saja demikian, yang namanya penipu online itu pastinya tidak berani untuk berhadapan langsung dengan konsumen, dikarenakan ia memang tidak memiliki produk yang ditawarkannya.

Alasan Kenapa Orang Lebih Memilih Belanja Online

  1. Tidak Memiliki Alamat Toko

Ciri-ciri penipu online berikutnya yang harus kalian ketahui, yakni tidak memiliki alamat toko. Secara logika, tentunya semua penjual yang jujur pasti akan mencamtumkan alamat toko ataupun alamat tempat tinggalnya. Nah, jika kamu menjumpai penjual online yang tidak memiliki alamat atau bahkan alamatnya tidak jelas, maka bisa dipastikan bahwa ia adalah penipu.

  1. Mencantumkan Testimoni Palsu

Agar meyakinkan target korban, biasanya para penipu online ini akan mencantumkan testimoni palsu di blog atau website mereka sendiri. Ya, mereka akan memajang foto-foto yang diambil dari Google, dengan memberi spesifikasi palsu atau testimony palsu.

  1. Anti Rekening Bersama (Escrow)

Selain tidak mau menerima layanan cod, para penipu online ini juga biasanya tidak menerima layanan rekening bersama alias escrow. Dengan kata lain, para penipu menginginkan si konsumen untuk transfer langsung ke rekening pribadi miliknya. Ya, setelah kamu transfer ke rekening pribadinya, tentu saja para penipu online tersebut akan langsung kabur.

  1. Ada Kejanggalan Apa Yang Tercantum Dalam Website si Penipu

Dalam belanja online, kamu dituntut harus lebih teliti lagi untuk memeriksa websitenya mulai dari tampilan, foto, dan tulisannnya. Foto tersebut akan terlihat aneh dan tulisannya pun tampak berantakan, yang pada intinya mereka akan menekan konsumen untuk transfer sejumlah uang. Kendati menekan konsumen untuk transfer, namun anehnya mereka tidak mencantumkan nomor rekeningnya. Ya, terang saja demikian, dikarenakan mereka takut terciduk polisi.

Itulah beberapa ciri penipuan dalam toko online yang tentu saja harus kamu ketahui. Agar belanjanya lebih aman, sangat disarankan bagi kamu untuk memilih situs e-commerce yang sudah terkenal dan memiliki track record bagus seperti iLotte. Selain aman dan terpercaya, produk-produk yang tersedia di iLotte dijamin original dan sangat lengkap. Bahkan yang lebih menariknya lagi, di IiLotte selalu ada diskon pada setiap bulannya lho.

shares