Sebagian besar orang tua, tentu ketika memiliki bayi perlu sangat rutin dalam menjamin setiap jenis nutrisi dari susu bisa masuk ke dalam perutnya. Terkait kebutuhan susu sendiri, tentu sebagai orang tua terutama para ibu harus mengetahui ciri dimana bayinya cocok atau tidak terhadap kandungan olahan tersebut. Cukup banyak terjadi kasus pada saat konsumsi akan susu bayi justru malah tidak cocok dan membuat khawatir.

Pasti para orang tua terkadang atau bahkan sering tidak menyadari terkait ciri dimana bayi bisa suka atau tidak terhadap pemberian susu. Sejatinya pemberian nutrisi dari susu sendiri bisa sebagai pendamping atau pengganti ketika para ibu sudah kurang dalam jumlah produksi ASI. Oleh karenanya, tidak salah juga jika mengetahui berbagai hal terutama menilai dari sisi cocok atau tidak terhadap produk.

Ciri Bayi Cocok Terhadap Susu

Bila belum mengetahui ciri anak bayi yang cocok terhadap suatu produk susu, sebenarnya ada beberapa tanda dimana bisa dilihat. Apalagi, bila seorang bayi memiliki masalah seperti alergi atau semacamnya pasti akan mempengaruhi kebiasaan dalam meminum susu nantinya. Kandungan nutrisi dari susu sendiri bisa dikatakan memang cukup penting terutama mendukung tumbuh kembang bayi nantinya.

Berikut adalah beberapa ciri utama sebagai landasan bahwa bayi cocok dalam suatu susu untuk dikonsumsi secara rutin :

  1. Tidak muncul ruam

Untuk orang tua, bila sudah mengajari perlahan minum susu pasti bisa jadi terkena masalah ruam pada bagian tubuh atau sekitar mulur. Penyebab hal tersebut biasanya memang bisa dipicu karena tidak cocok dengan olahan susu sehingga harus disadari betul oleh orang tua. Namun, bila terkait ruam dan terkadang bisa menyebabkan gatal pada bayi tidak muncul maka bisa disimpulkan positif untuk konsumsi.

  1. Terhindari dari diare

Pada saat masih bayi, tentu pencernaan dari anak masih sangat rentan sehingga bisa berdampak bila salah memberikan asupan. Susu pun juga merupakan salah satu asupan wajib, tetapi bila terjadi diare pada selang waktu sebentar setelah meminumnya maka harus beri perhatian. Bisa juga penyebab akan masalah pencernaan bayi yaitu munculnya diare akibat susu tidak cocok, bila tidak terjadi maka sudah dipastikan baik.

  1. Jauh dari muntah

Banyak terjadi kasus dimana anak menolak susu ini sehingga melakukan tindakan tanda seperti muntah atau biasa disebut gumoh. Munculnya ini juga sebenarnya bisa karena indikasi tidak cocok dengan kualitas protein dari susu yang sudah dipilih tentunya. Namun, bila hal ini tidak terjadi maka akan sangat membantu orang tua terutama ibu agar tidak ragu memberikannya lagi.

Beberapa hal seperti di atas memang merupakan kejadian dimana perlu diperhatikan agar pada saat bayi meminum susu sudah tidak ada masalah. Bagian tidak kalah penting adalah menjamin setiap produk tetap sesuai dengan selera bayi supaya tingkat nafsu konsumsi juga besar. Apalagi, susu bayi merupakan salah satu sumber nutrisi terbaik untuk membuat bayi lebih sehat.