Tips Agar Jantung Tetap Sehat dan Mengenal Spesialis Penyakit dalam (Kardiovaskular) untuk Jantung Anda

Tips Agar Jantung Tetap Sehat dan Mengenal Spesialis Penyakit dalam (Kardiovaskular) untuk Jantung Anda

Jantung merupakan organ yang sangat vital untuk kelangsungan hidup manusia. Jantung yang terletak di rongga dada memiliki fungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh guna mengedarkan oksigen yang diangkut darah dan mengambil kembali darah kotor untuk dicuci di paru-paru. Jika kinerja jantung ini mengalami hambatan sedikit saja, besar resiko terjadinya gagal organ karena oksigen yang diterima tidak mencukupi. Jika hal ini terjadi pada otak, bisa menyebabkan penderita mengalami mati otak yang sama artinya dengan meninggal dunia. Untuk mengatasi berbagai masalah pada jantung, di dunia kedokteran sendiri sudah ada spesialisasi khusus yaitu spesialis penyakit dalam (kardiovaskular).

Karena vitalnya kerja jantung tersebut, menjaga jantung agar senantiasa dalam kondisi sehat sehingga bisa melakukan fungsinya dengan baik sangat diperlukan. Kebiasaan hidup seringkali menjadi penyebab masalah-masalah pada jantung sehingga mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik sedari dini menjadi kunci utamanya. Berikut ini adalah tips untuk menjaga jantung Anda tetap sehat yang bisa diterapkan pada diri dan keluarga:

  • Tidak merokok.

Merokok bisa menjadi penyebab berbagai penyakit termasuk yang berhubungan dengan jantung seperti hipertensi dan penyumbatan pembuluh darah.

  • Aktif setiap hari.

Jangan bermalas-malasan, meski Anda tak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, namun usahakan Anda selalu aktif di kegiatan sehari-hari. Misalnya adalah aktif saat bekerja, aktif dalam komunitas, aktif dalam keluarga, banyak berjalan dan menggerakkan anggota tubuh, dan kurangi duduk dalam waktu terlalu lama.

  • Pola makan sehat.

Kurangi atau hentikan menyukai makanan yang mengandung banyak garam. Lengkapi kebutuhan nutrisi dengan buah dan sayur. Kurangi makan makanan gorengan dan ganti lemak jahat dengan lemak baik seperti ikan.

  • Jaga kesehatan mental.

Hindari stress, depresi dengan selalu berbaur dan bersosialisasi dengan teman dan keluarga. Kurangi beban pekerjaan dengan memilih mana yang sepadan dengan kesehatan dan penghasilan Anda.

Bagi mereka yang sudah memiliki penyakit jantung, atau menunjukkan gejala penyakit jantung akibat kegemukan, darah tinggi, kolesterol tinggi hingga diabetes, sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam (Kardiovaskular) yang khusus menangani berbagai masalah pada jantung dan pembuluh darah. Dengan bantuan dokter spesialis, Anda akan lebih dibantu mengenai tindakan pencegahan, diagnosa dan pengobatan berbagai jenis penyakit jantung dan pembuluh darah.

Berikut ini adalah macam-macam penyakit jantung dan pembuluh darah yang bisa dikonsultasikan dengan dokter spesialis kardiovaskular:

  1. Angina pektoris.
  2. Jantung koroner.
  3. Kelainan katup bawaan.
  4. Penyakit pembuluh darah.
  5. Penyakit jantung bawaan.
  6. Gangguan pada aorta.
  7. Penyakit otot jantung.
  8. Tumor dan kanker jantung.
  9. Aritmia atau gangguan irama jantung.
  10. Radang pada selaput jantung.
  11. Stroke.
  12. Gagal jantung.

Selain bekerja sendiri untuk pasien, dokter spesialis ini juga bisa bekerja secara kelompok dengan spesialis lain untuk menangani kasus yang lebih kompleks misalnya dengan dokter spesialis saraf, spesialis anak dan lainnya.

Jangan sampai Anda berurusan dengan dokter spesialis penyakit dalam (kardiovaskular) apalagi dalam menjalani pengobatan. Untuk itu lakukan tindakan pencegahan terlebih dahulu sehingga resiko penyakit jantung bisa menjadi lebih kecil. Tips menjaga kesehatan jantung di atas bisa dilakukan dan diterapkan sedini mungkin kepada anak di rumah salah satunya adalah dengan memberi contoh pola hidup sehat tanpa rokok dan minuman keras. Jadikan salah satu olahraga menjadi hoby yang setidaknya seminggu sekali bisa dilakukan bersama.

shares