Tips Mempercantik Hunian, Inilah Warna Cat untuk Ruangan Kecil yang Harus Dihindari

Warna Cat untuk Ruangan Kecil yang Harus Dihindari

Warna cat untuk ruangan kecil penting untuk diperhatikan sebelum memilihnya, karena perlu mengetahui warna apa yang paling tepat demi memberikan suasana hidup pada hunian Anda.

Meskipun bebas bagi Anda untuk memilih warna apapun sesuai selera, tapi ada hal-hal tertentu yang harus Anda perhatikan agar tepat saat memilih warna cat untuk ruangan yang kecil.

Tips dan Langkah Memilih Warna Cat untuk Ruangan Kecil

Dalam memilih warna cat paling tepat untuk ruangan kecil, ada beberapa warna tertentu yang sebaiknya Anda hindari. Mengapa demikian? Karena warna-warna tersebut bisa jadi kurang sesuai dan sangat mungkin memberikan suasana yang tidak nyaman. Berikut warna-warna yang sebaiknya Anda hindari saat menentukan warna cat untuk ruangan kecil.

  1. Warna yang Tidak Anda Sukai

Saat menentukan warna cat untuk ruangan kecil yang sesuai, hindarilah menggunakan warna-warna yang tidak Anda sukai. Tentu Anda perlu mempertimbangkan selera pribadi kala memilih warna cat untuk ruangan kecil yang akan ditempati. Warna yang tidak disukai akan membuat Anda cepat merasa bosan dan enggan berada di ruangan kecil tersebut.

Sebaiknya Anda tidak terlalu terpaku dengan warna yang bisa membuat ruangan tampak lebih luas, tapi perlu juga menimbang warna yang mengundang dan menarik saat dipandang. Dengan memilih warna yang disukai, Anda akan merasa nyaman berada dalam sebuah ruangan.

Selain aspek kenyamanan, warna cat yang disukai juga akan memberikan suasana hidup bagi penghuninya. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan pula selera pribadi Anda saat menentukan warna cat untuk ruangan yang kecil di rumah.

  1. Warna Netral yang Memberikan Kesan Suram

Ada kalanya warna netral menjadi pilihan banyak orang sebagai warna cat rumah. Warna netral yang tepat bisa menghadirkan nuansa elegan dan minimalis yang tampak cantik. Namun pemilihan warna netral dan warna-warna lain yang terkesan memberikan kesan suram sebaiknya Anda hindari saat memilih warna cat bagi ruangan kecil.

Dikutip dari harapanrakyat.com, warna netral cenderung memberikan aura suram dan kusam bagi ruangan kecil. Selain itu, juga akan menimbulkan efek gelap dan sempit. Jika Anda memang menyukai warna-warna netral, pilihlah warna yang soft dan memberikan nuansa hangat, serta tetap bisa memantulkan cahaya sehingga membuat ruangan tetap nyaman.

Warna netral soft bisa Anda padukan dengan perabot dan furnitur yang tepat seperti tirai gorden, wallpaper, karpet, dan sebagainya. Dengan perpaduan warna yang sesuai, ruangan kecil Anda akan tampak lebih luas serta nyaman dipandang dan ditempati.

  1. Warna Merah

Warna cat untuk ruangan kecilselanjutnya yang harus Anda hindari adalah merah. Memang warna merah tampak berani, menarik, dan cantik saat digunakan menjadi warna cat. Hanya saja jika diaplikasikan pada ruangan yang kecil, warna merah tidak tepat dipilih.

Energi dan nuansa yang dibawa oleh warna merah kurang pas digunakan pada ruangan kecil. Warna merah juga dipercaya mampu memberikan efek psikologis berupa ketegasan, semangat, dan keberanian. Namun jika berada di ruangan kecil efek tersebut tidak bisa muncul, justru malah membuat ruangan tampak sempit dan sesak.

Apabila Anda memang penggemar warna merah, tidak masalah tetap menggunakan merah sebagai warna cat. Hanya saja mungkin Anda bisa menurunkan tone warna tersebut menjadi merah yang lebih hangat dan soft. Dengan begitu, Anda bisa tetap memilih warna kesukaan sekaligus mendapat kenyamanan saat berada di ruangan tersebut.

  1. Warna Putih

Warna putih bisa dijumpai hampir di setiap dinding rumah. Warna ini paling banyak digunakan karena terkesan simpel dan mudah diaplikasikan hampir kepada bangunan apapun. Akan tetapi, sebaiknya hindari warna putih sebagai cat ruangan kecil. Hal ini karena warna putih bisa memberikan kesan terlalu hambar dan formal pada ruangan yang kecil.

Anda masih bisa menggunakan warna putih namun sebaiknya gunakan sebagai warna aksen saja. Untuk warna utama bisa coba pilih abu-abu silver, atau tone lain yang lebih bervariasi. Pilihlah warna yang lebih hangat sebagai cat ruangan kecil.

Itulah warna cat untuk ruangan kecil yang sebaiknya Anda hindari. Rekomendasi tersebut bisa Anda jadikan referensi sebelum menentukan warna cat bagi ruangan yang kecil. Namun sekali lagi, selera masing-masing orang tentu berbeda. Anda bisa memilih warna apapun yang disukai, dengan tetap memperhatikan aspek kenyamanan dan keindahan.

shares