Tips Menghemat Paket Internet XL agar Tidak Cepat Habis

Tips Menghemat Paket Internet XL agar Tidak Cepat Habis

Di zaman modern seperti sekarang, internet merupakan kebutuhan yang seperti tidak boleh terlupakan dan sangat penting kehadirannya. Karena itulah, XL menghadirkan berbagai macam pilihan paket internetnya untuk masyarakat Indonesia yang ingin memenuhi kebutuhan onlinenya. Pilihan paket internet XL sendiri pun ada banyak, sehingga konsumen pun bisa membelinya sesuai dengan kebutuhannya.

Namun, masih ada saja orang yang merasa sudah membeli kuota yang besar, ternyata kurang karena paketnya yang cepat habis. Kuota yang cepat habis bisa disebabkan oleh berbagai alasan, seperti Anda memakai aplikasi yang menyedot banyak kuota, menjalankan aplikasi yang tidak diperlukan, atau dibuat untuk menonton video online.

Masalah kuota yang cepat habis tentu dapat dialami oleh siapa saja. Karena itulah, Anda perlu mengetahui beberapa cara terlebih dahulu agar bisa menghemat kuota XL Anda.

Membatasi Pemakaian Mobile Data

Koneksi internet pada smartphone dapat melalui jaringan Wifi atau mobile data. Karena memakai paket internet XL, berarti Anda menggunakan koneksi mobile data yang sudah Anda aktifkan terlebih dahulu. Hanya saja, penggunanya kurang jeli dalam mengatur koneksi tersebut yang akhirnya bisa membuat kuotanya cepat habis.

Ada baiknya Anda membatasi terlebih dahulu pemakaian mobile datanya. Matikan saja fiturnya kalau memang Anda sudah tidak membutuhkannya lagi. Selain itu, jangan lupa matikan jaringannya kalau Anda sedang memakai Wifi karena kuotanya tetap terpakai meskipun Anda sudah terkoneksi pada Wifi.

Memilih Paket Sesuai Kebutuhan

Tips lainnya dalam berhemat paket internet XL yaitu menggunakan paket yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tiap orang tentu punya kebutuhan internet yang berbeda-beda, sehingga Anda harus menentukan sendiri besaran kuota yang dibutuhkan dan kecepatannya.

Banyak orang yang menganggap kalau membeli kuota yang lebih kecil, biaya yang dibutuhkan akan jauh lebih murah. Padahal, kalau Anda tidak memperkirakannya dengan baik, justru akan membuat biaya pengeluarannya lebih mahal tanpa Anda sadari. Maka dari itulah, Anda harus pintar-pintar menghitung kebutuhan kuota yang dibutuhkan, baik itu harian, mingguan, atau bulanan.

Manfaatkan Wifi

Tips ampuh dalam menghemat kuota internet adalah dengan memanfaatkan jaringan Wifi. Jaringan tersebut biasanya di sediakan di beberapa tempat tertentu, mulai dari kampus, tempat makan, tempat nongkrong, atau pun di stasiun. Gunakanlah semaksimal mungkin Wifi yang disediakan agar paket internet XL Anda tidak cepat habis lagi.

Dengan kata lain, jika Anda ingin mendownload aplikasi, ada baiknya Anda memakai Wifi saja agar kuotanya tidak terpakai banyak. Apalagi Anda yang ingin update software, pastikan Anda sudah tersambung terlebih dahulu dengan Wifi karena update software membutuhkan kuota yang sangat besar.

Matikan Fitur Lokasi

Saat Anda ingin memesan ojek online atau ingin mengetahui arah lokasi, pastinya Anda menyalakan fitur maps. Meskipun banyak membantu dalam mencari arah dan pemesanan ojek online, tidak banyak yang menyadari kalau ternyata fitur lokasi dapat menyedot paket internet XL sangat banyak, apalagi kalau penggunaannya yang cukup lama.

Ada baiknya kalau fitur tersebut Anda matikan kalau Anda sudah benar-benar tidak memakainya lagi. Hindari penggunaan lebih dari 24 jam lebih karena akan membuat kuotanya semakin berkurang. Dengan begitu, kuota Anda akan semakin hemat dan bisa dipakai sampai batas waktu berlakunya.

Tidak sulit, kan menghemat paket internet XL? Pastikan Anda mengikuti tips-tips di atas agar kuota tidak cepat habis. Tentunya Anda akan merasa sulit mengakses online kalau tiba-tiba saja kuota habis, bukan? Selain itu, Anda pun juga akan lebih hemat biaya pengeluaran untuk membeli kuota XL.

shares